integrity

Sebuah Integritas Itu di Butuhkan Dalam Diri Seseorang

VARIOUS

Sebuah Integritas Itu di Butuhkan Dalam Diri Seseorang

 

integrityduniagaringo.com – Bagaimanakah Integritas itu bisa di miliki oleh seseorang Pemimpin yang menjadi perhatian dalam setiap aspek kehidupan yang dilakukan setiap harinya oleh setiap bawahannya ?.

Kata Integritas berasal dari bahasa latin ” INTEGRATE “ yang berarti utuh, lengkap dan satu kesatuan. Sedangkan dalam kamus indonesia kata integritas tersebut berarti adalah Mutu, sifat atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh. Dalam hal ini jika kita berbicara integritas maka dalam nya pasti ada yang disebut kualitas sikap yang menjadi satu kesatuan dengan prinsip, nilai, keyakinan yang kita pegang.

 

PENTINGNYA INTEGRITAS

Banyak orang mempersiapkan yang nampak luar dan yang terlihat karena sebagian orang berpikir tampilan luar itu segala-galanya , seperti peristiwa titanic menggambarkan bagaimana kapal yang sangat mewah dan besar bisa tenggelam oleh gunung es, karena mereka lupa dengan kekuatan tersembunyi dari si gunung es tersebut.

A[pa yang mereka lihat diatas permukaan air tidak mungkin dapat meneggelamkan kapal yang megah itu. Sayangnya sebagian besar bagian dari gunung es berada dibawahpermukaan air. Mereka meremehkan kekuatan dari gunung es dan melebihi kekuatan dari gunung es dan melebihkan kekuatan mereka sendiri, gunung es adalah gambaran yang bagus dari kepemimpinan karena begitu banyak pengaruh yang kita miliki berasal dari kualitas-kualitas yang tidak dapat kita ;ihat dari luar, adalah hal-hal yang berada dibawah permukaan yang dalamnya melingkupi :

  1. Disiplin diri ( kemampuan untuk melakukan apa yang benar meskipun anda merasa tidak ingin melakukannya )
  2. Nilai-nilai ( prinsip yang anda yakini yang menjadi pegangan moral )
  3. Kesadaran diri ( gambaran diri yang realistis dan sehat mengenai diri anda )
  4. Konsisten ( kapasitas untuk menjadi stabil secara emosional )

 

 

BERJALAN DALAM INTEGRITAS

FIlosopi pohon bambu, pohon bambu merupakan sebuah pohon yang masuk dalam klasifikasi rumput rumputan, namun yang kita dapati pohon bambu ada yang bisa mencapai 30  cm sampai dengan 30 meter.

Bagaimana pohon bambu bisa menjulang begitu tinggi ? karena mempersiapkan akarnya selama kurang lebih 4 tahun, karena akarnya yang begitu kuat sekaipun ada terpaan angin maka pohon bambu tidak mudah jatuh bahkan pohon bambu yang suka tumbuh di dinding sungai mampu menahan gerusan erosi.

Maka ada hal yang harus diperhatikan agar kita ,mampu mendapat kepercayaan yang lebih tinggi, namun dampak dari keberadaan kita dimanapun kita ditempatkan).

Ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dari karakteristik akan yakni :

  1. Milikilah sikap hati yang benar, dari hati akan terpancar sebuah kehidupan dan seringkali kita mengabaikan integritas karena kita membiarkan hati kita tidak di jaga, sehingga suara hati yang terkadang menegurkita pun cenderung kita abaikan, hati hati hasil mengabaikan hati dapat menimbulkan iri hati, sakit hati, jatuh hati, tawar hati, bengkok hati, keras hati, patah hati, tinggi hati.

         Bagaimana sikap praktis yang harus dijalankan :

         – Bangun hubungan spritual dengan yang maha kuasa.

         – Membangun gambar diri yang benar

         – Berani berkata tidak terhadap hal-hal yang negatif

         – Pastikan nilai-nilai yang benar dan bermoral yang menguasai ( hidup jujur ). Dalam kamus bahasa Indonesia                maka orang jujur dikatakan orang yang lurus hati.

integrity_1

    2. Teguh komitmen

       Pengertisan komitmen adalah sikap kesediaan diri untuk memegang terguh visi, tugas. Komitmen tidak akan               tumbuh dengan sendirinya, ada hubungan signifikan antar budaya kerja.

       Komitmen seseorang terhadap organisasinya adalah sifat hubungan seorang individu dengan organisasi                     dengan  memperlihatkan ciri-ciri berikut :

       1. Menerima nilai-nilai dan tujuan organisasi

       2. Mempunyai keinginan berbuat untuk organisasinya.

       3. mempunyai keinginan yang kuat untuk tetap bersama dengan organisasinya.

Integrity_2

       Bagaimana SIkap Praktis yang Harus di jalankan :

            – Janga pernah meremehkan hal-hal yang kecil

            – Berasi bertindak benar sekalipun ditengah lingkungan yang tidak benar

            – Ingat hidup dunia panggung sandiwara ( jadi tidak perlu ada sandiwara )

            – Jaga perkataan dengan tepat

 

    3. Berjalan dalam konsisten

        Apa yang muncul dikomputer merupakan hasil dari data yang kita input demikian dalam pikiran kita, karena              konsisten  bukan dihasilkan dari pola pikir yang benar setahun sekali, sebulan sekali namun harus dengan pola          pikir yang benar setiap saat.

Bagaimana sikap praktis yang harus dijalankan :

  • Buang sampah / hal yang tidak benar dari pikiran kita
  • Miliki tujuan hidup yang jelas ( bagi pribadi keluarga, pekerjaan dll )
  • Saling mendukung dengan pasangan hidup/partner kerja 
  • Jangan pernah menyerah.

 

Baca Juga :

 

 

@ringo

 

 

 

 

 

Leave a Reply