Bagaimana Cara Kita Menjadi Pengusaha Yang Profesional ?

Bagaimana Cara Kita Menjadi Pengusaha Yang Profesional ?

Bagaimana Cara Kita Menjadi Pengusaha Yang Profesional ?

entepreneurship

duniagaringo.com – Sebelum kita terjun untuk mendalami usaha yang akan kita lakukan ada beberapa cara agar persiapan yang kita lakukan bisa berguna dan tepat tanpa keragu-raguan dengan apa yang kita jalani.

Karena kita memulai dengan keputusan usaha apa yang akan kita ambil dan resiko apa yang akan kita rasakan,pastinya kita sudah harus siap. Jangan sampai kita telah banyak berkorban tetapi kita salah dalam menjalaninya dan akhirnya kita baru menyadari bahwa cara yang kita lakukan itu salah dan banyak membuang waktu dan tenaga bahkan biaya yang sudah kita gunakan atau keluarkan.

Dalam ilmu kewirausahaan ada 7 passion  sebagai pola pikir yang harus kita lakukan yaitu : 

  1. Passion itu sangat penting
  2. Menjadi diri sendiri dalam bertindak
  3. Tujuan itu wajib dijalankan
  4. Semua yang kita hadapi serba mungkin
  5. Ciptakan peluang usaha
  6. Perubahan itu perlu kita lakukan
  7. Tangan selalu berada diatas

Temukan Passion

Anda harus mulai mengenali diri sendiri dan menemukan passion atau gairah anda. Passion adalah sesuatu yang ketika kita melakukan membuat kita senang, bersemangat dan bergairah. Menurut saya usaha yang baik adalah usaha yang disukai dan dikerjakan dengan penuh sukacita,layaknya mengerjakan hobbi.

Untuk menentukan jenis usaha yang akan diterjuni, lihat apa hobbi anda, apa yang anda sukai, dan apa yang anda gemari. Membuka usaha sesuai dengan passion tentu sangat menyenangkan, persis seperti bermain-main.

Seorang entepreneur itu bukan berarti tidak boleh rugi atau kehilangan, karena dalam sebuah proses untuk menghasilkan uang di bidang yang sesuai dengan passionnya dan memberi makna dalam hidup seseorang sehingga itu menjadi sebuah pengalaman berharga dan menjadi tanggu tanpa kita sadari dengan pengalaman itu.

Lakukan Survey ke Usaha Sejenis

Setelah menentukan jenis usaha yang akan diterjuni, langkah berikutnya adalah melakukan servey ke usaha sejenis yang sudah sukses. Carilah orang yang sukses di bidang yang anda terjuni, seperti misalkan jika memilih usaha kue, temui sahabat sahabat anda yang sudah sukses menjadi pengusaha kue, tanyakan secara detai pakah suka dukanya. tapi kita harus hindari bertanya rahasia kesuksesannya.

Mulai Dari Sekarang dan Dari usaha yang Kecil

Ingat, semua rencana usaha harus tertulis dan terencana, jangan hanya sekedar diingat dalam memori otak, maka mulailah usaha anda sekarang juga jangan terlalu banyak berpikir.

Seandainya anda belum pernah usaha apapun saranya mulailah dari usaha yang modalnya sekecil mungkin. karena usaha yan kecil memugkinkan anda mengelola dengan lebih fokus dan lebih mudah mengontrolnya. setidaknya saat rugi, anda masih bisa mengatasinya. semua usaha yang sekarang besar dulunya dimulai dari yang kecil dulu.

Ciptakan Sistem

Sedini mungkin, anda harus memikirkan sistem yang akan berlakukan diperusahaan anda, setelah sistem diciptakan langkah selanjutnya adalah memutuskan siapa-siapa saja yang akan melanjutkan sistem tersebut. Hindari one man show atau single fighter. jangan berpikir untuk melakukan semuanya seorang diri, jadilah orang cerdas dalam menciptakan sistem dan mendelegasikan kepada orang lain untuk menjalankannya. pengusaha tidak harus serba bisa, namun harus pintar mencari orang pintar.

Mcdonald

Belajarlah Dari Mc Donald

Perhatikanlah perusahaan besar seperti Mc Donald. Kenapa karyawannya terlihat sangat profesional ? bahkan seolah-olah mereka menguasai semua bidang kerjanya dan sangat menikmati pekerjaannya sehingga terlihat profesional melayani semua pelanggan dan yang melihatpun dibuat berdecak kagum dan puas atas pelayanannya. itulah hasil sistem yang diberlakukannya perusahaan yang telah di bakukan , sehingga dimana ada Mc Donald pasti produk dan pelayanannya sama.

Penentuan Lokasi

 Untuk membuka usaha tentunya anda memerlukan tempat usaha, baik untuk melakukan proses produksi maupun tempat berjualan. Banyak orang bilang bahwa tempat usaha yang strategis adalah kunci kesuksesan usaha. Meski pendapat itu tidak semuanya benar tapi tak sepenuhnya juga salah. Bagaimanapun ,tidak bisa di pungkiri lokasi usaha yang strategis sangat menguntungkan pengusaha.

Anda bisa melihat tingkat keramaian pertokoan daerah tersebut. Apakah jalannya dua arah atau satu arah ?, jalan yang dua arah umunya lebih ramai tetapi semakin strategis tempat usaha biasanya harga sewanya lebih mahal. Hal-hal yang sangat penting diperhatikan adalah aspek lingkungan toko maupun usaha di sekitarnya yang mungkin jadi faktor pelengkap semisal di lokasi tersebut ada pedagang bakso yang pada umumnya tidak menyediakan minuman yang mengandung Es dan hanya minum teh biasa. Nah disitu lah letak faktor pendukung menentukan kita bisa berjualan minuman berbagai jenis yang mengandung Es sebagai pendingin, sehingga ketika orang beli bakso dan untuk minumannya bisa di beli dari dagangan kita.

Demikian lah cara kita menjadi pengusaha yang melihat dari berbagai aspek yang kita bisa lihat dengan mempelajari situasi apa yang harus kita ambil dan siap untuk memulainya.

 

Baca Juga :

@ringo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
var proto = document.location.protocol, host = "whatshelp.io", url = proto + "//static." + host; var s = document.createElement('script'); s.type = 'text/javascript'; s.async = true; s.src = url + '/widget-send-button/js/init.js'; s.onload = function () { WhWidgetSendButton.init(host, proto, options); }; var x = document.getElementsByTagName('script')[0]; x.parentNode.insertBefore(s, x); })();
error: Content is protected !!