ujian

Pengumuman Hasil Ujian SBMPTN 2018 di Umumkan Tanggal 3 Juli 2018

EDUCATION

Pengumuman Hasil Ujian SBMPTN 2018 di Umumkan Tanggal 3 Juli 2018

ujian

duniagaringo.com – Hasil ujian seleksi Bersama  Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN- 2018) sedianya akan di umumkan pada hari selasa 3 Juli 2018 pada pukul 17.00 WIB melalui website resmi panitia. Informasi ini sesuai dengan apa yang telah dirilis dari Panitia Pusat di laman resmi SBMPTN 2018.

Panitia juga menjelaskan di Laman tersebut bahwa penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru untuk program sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) didasarkan pada undang- undang No.12 Tahun 2012 mengenai pendidikan tinggi.

SBMPTN merupakan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian ketrampilan calon mahasiswa yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat,dimana untuk pembiayaannya dibebankan kepada peserta seleksi dan kementrian Riset, Teknologi  dan Pendidikan Tinggi.

Untuk peserta yang kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan (BIDIKMISI).Informasi SMBPTN ini meliputi ketentuan dan persyaratan umum,tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan PTN serta program studi. Secara rinci info lengkapnya mengenai SBMPTN dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id Panitia juga mengatakan bahwa untuk pengumuman hasil dari SBMPTN 2018 akan di sampaikan pada hari Selasa , 3 Juli 2018 pada pukul 17.00 WIB dan dapat di akses pada laman tersebut. atau bisa juga langsung mendatangi alamat panitianya di gedung dr.Prakoso lt.2 Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret di Jl. Sutami No.36A Kentingan Surakarta.

ujian_4

Perbedaan ujian tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya adalah terletak pada Ujian Tulis yang Berbasis Komputer (UTBK) Saja, sedangkan kali ini UTBK terbagi dua yaitu UTBK Dekstop dan UTBK Android. Selain itu juga ada terdapat 10 peserta SBMPTN yang merupakan penyandang difabel dan ditempatkan di ruang terpisah saat pengerjaan soalnya. Peserta SBMPTN 2018 tahun seluruhnya di ikuti oleh sekitar 56 ribu peserta

UNPAD paling banyak diminati peserta.

Universitas Padjajaran menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang paling banyak diminati oleh peserta ujian di wilayah Jawa Barat untuk ujian SBMPTN 2018 ada sekitar 113.542 peserta yang mengikuti SBMPTN yang memilih UNPAD sebagai pilihan kampusnya. Baru kali saja dalam sejarah UNPAD pendaftarannya dapat menembus  angka lebih dari seratus ribu ujar wakil Rektor UNPADBidang Akademi dan Kemahasiswaan, Bpk. Arry Bainus.

ujian_2ujian_3

Bagi kelompok ujian Science dan teknologi (saintek), prodi pendidikan DOkter,Psikologi dan farmasi menjadi pilihan jurusan atau fakultas primadona dengan pendidikan dokter sebanyak 6.513 peserta, psikologi sebanyak 4.602 peserta dan farmasi sebanyak 4.258 peserta.

Bidang sosial dan humaniora, ilmu hukum, komunikasi dan manajemen yang menjadi primadona dengan ilmu hukum memiliki peminat sebanyak 5.898 peserta, ilmu komukasi memiliki peminatsebanyak 5.347 peserta, dan manajemen sebanyak 4.592 peserta.

baca juga : http://sbmptn.unsyiah.ac.id/count.html

 

 

@ringo

Leave a Reply