Membangun Networking Dalam Kemitraan untuk Mengembangkan Usaha

Membangun Networking Dalam Kemitraan untuk Mengembangkan Usaha

Membangun Networking Dalam Kemitraan untuk Mengembangkan Usaha.

networking

 

 

duniagaringo.com – Apa sih Networking itu ?, Networking merupakan suatu bentuk kegiatan untuk memperluas jaringan dan koneksi. Hal ini sangat penting harus dilakukan oleh seorang pengusaha adalah membangun networkign atau jaringan. Begitu pentingnya arti networking dalam dunia bisnis sampai ada pepatah yang mengatakan, jika kita tidak melaksanakan networking, maka kita not working. Bagaimanapun juga , jika kita ingin usaha lebih cepat berkembang, kita harus menjalin hubungan dengan begitu banyak pihak, baik yang berkaitan langsung dengan usaha kita maupun yang tidak berkaitan langsung.

Setidaknya ada tiga alasan  utama mengapa kita harus terus-menerus membangun dan memperkuat jaringan. Pertama untuk membangun kemitraan, kedua untuk mempelajari hal yang baru, dan ketiga untuk meningkatkan penjualan.

Untuk Membangun Kemitraan

Kita harus selalu membuka pikiran. Lakukan usaha networking dengan tulus. Bicaralah kepada relasi anda mengenai pembicaraan yang tepat. Jadilah pegusahaan yang bijaksana. Jika memang seorang relasi baik untuk ditawarkan produk dan jasa anda. tawarilah dengan rendah hati. Jika seorang relasi bisa diajak bekerja sama tanpa harus menjadi konsumen dari produk dan jasa anda, bekerjasama lah dengan baik. yang perlu diingat ketika membangun networking adalah setiap orang punya kepentingannya sendiri-sendiri.

Untuk Mempelajari Hal Baru

Membangun networking berguna juga bagi kita untuk mempelajari hal-hal baru. Dari sekian banyak orang yang kita kenal, ada sebagian orang yang berpotensi menjadi pelanggan kita. Sebagian lagi ada yang berpeluang menjadi mitra kita. Sisanya adalah mereka yang tidak memiliki potensi apapun berkaitan dengan usaha yang sedang kita jalankan, meskipun demikian janganlah kita seperti katak dalam tempurung yang hanya mau behubungan dengan orang-orang yang punya kaitannya dengan usaha kita. Bukalah pikiran dan cobalah membangun relasi dengan mereka. Carilah informasi tentang apa yang mereka lakukan . Belajarlah sesuatu dari mereka, siapa tahu ada peluang usaha lain yang selama ini tidak pernah terpikirkan. 

Untuk Meningkatkan Penjualan

Networking juga dapat mningkatkan penjualan. sebagai seorang pengusaha, salah satu kepentingan kita adalah meningkatkan penjualan. Penjualan bisa ditingkatkan salah satunya dengan cara mendapat pelanggan baru. Cara paling gampang untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan pelanggan baru adalah dengan cara menambah relasi kita. Semakin banyak relasi yan kita miliki, semakin banyak pelanggan yang kita miliki. Jika memiliki teman 10 ribu orang, kita bisa menawarkan produk kita kepada 10 ribu calon konsumen.  jika dari 10 ribu tersebut yng pada akhirnya benar-benar menjadi konsumen hanya 10 persen, kita sudah mendapat sudah mendapat konsumen 1000 orang. Ini adalah perhitungan sederhana saja yang bisa kita lakukan untuk membuktikan betapa dasyatnya networking.

Jumlah tersebut adalah potensi calon konsumen yang bisa kita garap. untuk menjangkau semuanya, kita perlu menyebarkan pengaruh positif. Kita harus memiliki nilai tambah, memberi manfaat kepada mereka. Berikan pelayanan terbaik sehingga mereka mendapat kepuasan. Jika sudah puas, mereka akan menjadi iklan gratis buat kita.

Efeknya mungkin tidak serta merta bisa kita rasakan, tapi kapan pun mereka menjumpai orang yang membutuhkan produk kita, mereka akan merekomendasikannya. cepat atau lambat kita pasti akan merasakan kedasyatan networking ini. 

networking_3networking_2

 

CARA MEMBANGUN JARINGAN

Membangun jaringan membutuhkan ketrampilan tertentu. Dibutuhkan kepercayaan diri untuk bisa mendapatkan relasi baru. Sesungguhny kita selalu dikelilingi oleh begitu banyak kesempatan guna mendapatkan relasi baru.

Untuk membangun networking, pertama kali kita harus sadr bahwa setiap hari kita memiliki peluang yang begitu banyak bersama dengan orang yang kita kenal. Kita harus mengembangkan diri agar bisa memanfaatkan peluang tersebut sebaik mungkin. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memudahkan membangun networking yaitu :

  1. Penampilan 
  2. Gaya bahasa
  3. Senyum
  4. Kartu nama
  5. Pulang terakhir saat mnghadiri sebuah acara
  6. Proaktif
  7. Percaya diri
  8.  Rajin berkomukasi
  9. Fokus pembicaraan
  10. lakukan penjualan pada pertemuan berikutnya
  11. Lakukan komunikasi selanjutnya
  12. Manfaatkan teknologi informasi.

 

Baca Juga :

 

@ringo

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
var proto = document.location.protocol, host = "whatshelp.io", url = proto + "//static." + host; var s = document.createElement('script'); s.type = 'text/javascript'; s.async = true; s.src = url + '/widget-send-button/js/init.js'; s.onload = function () { WhWidgetSendButton.init(host, proto, options); }; var x = document.getElementsByTagName('script')[0]; x.parentNode.insertBefore(s, x); })();
error: Content is protected !!