Dampak Rokok Electrik Yang Dapat Merusak  Kesehatan Kita.

Dampak Rokok Electrik Yang Dapat Merusak Kesehatan Kita.

Dampak Rokok Electrik Yang Dapat Merusak Kesehatan Kita.

rokok elektrik_2

 

duniagaringo.com – kemajuan perkembangan dunia elektrik sudah berdampak kepada kebutuhan pengganti dari rokok, terutama dari sisi kepraktisannya, namun keberadaan jenis rokok elektrik ini lebih berbahaya dari rokok yang selama ini di gunakan oleh para perokok dengan berbagai macam merek dan rasa juga berbeda.

Tentu semua kamu sudah tahu persis mengenai rokok elektrik alias electric-cigarette, vape. Rokok elektrik ini sedang  nge-trend di kalangan remaja hingga anak-anak muda saat ini. Anggapan bahwa rokok elektrik merupakan cara merokok lebih aman dan kekinian dibanding rokok konvensial yang selama ini kita konsumsi. Dan  banyak anak-anak muda sudah mulai berpindah dari rokok konvensial ke rokok elektrik karena rasa ingin mencoba dan menikmatinya sehingga menjadi sebuah trend yang cepat atau lambat orang akan beralih ke rokok elektrik.

Diacetyl_1obat_1

Rokok elektrik atau biasa disebut dengan vape, merupakan alat merokok yang penggunaannya memakai  baterai, yang jika habis bisa di chargered seperti kita menggunakan Handphone, dimana alat  pemanas corong hirup  yang tentunya mengandung nikotin.

Lalu apakah merokok dengan cara elektrik berbahaya atau justru sebaliknya, aman bagi kesehatan tubuh?

Berikut saya akan menuliskan apa saja yang terkandung didalamnya serta bahaya fatalnya bagi kesehatan kamu:

merokok_1perokok_2

  1. Nikotin 

Kebanyakan dari rokok, jika dihisap akan menimbulkan kecanduan, karena itulah perlu kamu ketahui bahwa rokok konvensional apalagi rokok elektrik memiliki kandungan nikotin kimiawi yang sama.

Nikiotin inilah yang lama kelamaan akan membuat  kamu menjadi kecanduan, lebih emosional bahkan menimbulkan depresi.

Dan efek yang paling berbahayanya adalah bisa mempengaruhi daya ingat , daya fokus , jantung, bahkan bagi janin dan perkembangan otak anak-anak.

  1. Propilen glikol dan gliserol.

Produk ini biasanya dibuat sebagai bahan utama dalam  rokok elektrik selain nikotin. Dan produk ini bisa membusuk saat dipanaskan dan akan berubah menjadi senyawa beracun seperti formaldehida, yaitu bahan kimia yang biasa dipakai dalam bahan bangunan yang dapat menyebabkan penyakit kanker

  1. Diacetyl

Diacetyl merupakan zat cair berwarna kuning yang digunakan pada rokok elektrik yang mengakibatkan kerusakan permanen pada bronkiolus atau  saluran udara terkecil di paru-paru.

Bukan hanya itu saja , berdasarkan penelitian rokok elektrik ini sangat berbahaya. Bagi orang yang belum pernah merokok tembakau lalu merokok dengan elektrik akan berisiko dengan penyakit-penyakit diatas enam kali lebih besar dibanding perokok tembakau. Hal ini dikarenakan mereka ingin merasakan efek nikotin yang lebih kuat .

Dan kenyataannya, justru lebih banyak anak-anak muda menghisap rokok elektrik dibanding rokok tembakau. Mengingat harga satu rokok elektrik cukup mahal sehingga buat kalangan anak muda menengah ke bawah tidak mampu untuk membelinya jadi hanya kalangan menengah ke atas sajayang rata-rata mampu untuk membeli jenis rokok ini. Harga berkisar Rp. 1,5 juta s/d Rp. 2 juta.

rokok elektrik_1rokok elektrik_4

Selain ini, cairan kimia yang berwarna kuning pada  rokok elektrik juga sangat berbahaya karena sewaktu-waktu bisa tertelan tanpa sengaja karena cemas, atau tertarik dengan rasanya yang manis dan berbau buah.

Rokok elektrik merupakan teknologi yang terbilang cukup baru. Dan sampai saat ini, para ahli masih perlu penelitian berlanjut untuk mengkaji dan memantau dampak rokok ini bagi kesehatan.

Setiap tanggal 31 Mei kita merayakan peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Tujuan utamanya adalah untuk menyebarkan kesadaran tentang pentingnya untuk berhenti merokok dan mendorong orang lain juga untuk menjauhkan diri dari rokok setidaknya selama 24 jam setiap hari.

Tentu saja kita menghindari tidak hanya rokok, tetapi segala jenis produk tembakau yang memberi dampak besar pada penyakit bahkah sampai pada kematian. Seperti kita ketahui bahwa, tembakau adalah zat terburuk yang membunuh manusia secara perlahan-lahan dan terus menerus, bahkan manusia tidak menyadari dampaknya karena dengan tembakau ini memang memberi dampak tidak secara langsung namun perlahan dan dalam jangka waktu lama, sehingga manusia merasa bahwa itu bukan masalah tetapi setelah penyakit itu muncul semuanya menjadi terlambat. Tembakau juga disebut sebagai zat adiktif yang lebih parah dibanding jenis narkotika lainnya karena mengandung ribuan bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Banyak orang yang selalu berusaha untuk berhenti merokok karena tahu dampaknya tetapi tak sedikit yang kemudian mereka kembali lagi melakukan kebiasaan itu karena telah kecanduan., akibat rasa sugesti yang mereka rasakan Jadi, untuk mengatasi persoalan sulitnya berhenti merokok, terdapat 7 langkah-langkah  yang bisa diterapkan untuk memastikan seseorang bisa berhenti total dari merokok, Yaitu :

1. Segera setelah memutuskan berhenti merokok untuk selamanya, maka saatnya untuk mencuci semua pakaian yang sudah terkontaminasi dengan bau rokok. Karena bau rokok yang terasa dari pakaian bisa memicu kembali hasrat merokok melalui penciuman.

2. Mulailah nelakukan  jogging pagi. Saat seseorang berlari maka tubuh akan melepaskan hormon endorphin yaitu hormon yang mengusir rasa stress dan memicu rasa bahagia dan tenang. Lewat olahraga, seseorang tak lagi memerlukan rokok untuk mendapatkan ketenangan.

3. Minumlah jus sayur yang mengandung banyak serat setiap harinya atau suplemen makanan kesehatan tubuh . Banyak survei yang mengklaim bahwa makanan mentah membuat seseorang merasa fokus dan fit. Makanan mentah juga sangat baik untuk membersihkan kulit. Coba saja jika ingin menemukan manfaatnya!

4.  Ketika bercermin, dampak kebiasaan merokok dalam jangka waktu yang panjang mungkin meninggalkan bekas pada gigi, seperti gigi menjadi menguning atau menghitam. Untuk mengembalikannya Anda perlu memeriksakan diri ke dokter dan mencari solusi untuk mencegah kondisi yang lebih buruk lagi.

5. Setelah berhenti merokok, mulailah kebiasaan dengan minum jus wortel setiap kali bangun tidur. Minum jus lemon juga sangat disarankan karena membantu membersihkan tubuh dari racun nikotin dari rokok yang selama ini kita hirup sehingga menimbulkan plague.

6. Kemanapun Anda pergi, selalu bawalah botol minum. Untuk  memperoleh asupan mineral yang cukup setiap hari bisa membantu menghilangkan hasrat merokok. Apalagi jika diselingi dengan meminum segelas air hangat setiap harinya.

7. Gantilah rokok dengan mengunyah sesuatu, seperti permen karet rasa mint. Karena hal ini bisa membantu Anda mengusir keinginan merokok.

Sebelum Anda merokok, ingatlah bahwa kebiasaan merokok bisa menyebabkan perokok mengalami beragam penyakit mematikan. Penyakit tersebut akan mulai muncul ketika kadar zat berbahaya yang terkandung dalam rokok semakin tinggi. Semakin lama Anda merokok, semakin besar pula risiko penyakit yang akan Anda derita. Sebelum terlambat, putuskan untuk hidup tanpa tembakau sejak hari ini. Mencoba untuk melakukan hal yang terbaik menjadi keuntungan buat kesehatan kita dan tetap berolah raga dan makan-makanan yang sehat dan secukupnya.

 

Baca Juga: – racun nikotin itu menjadi legal bernama rokok

                  – solusi dalam menjalankan diet untuk tetap aman

                  – Ikan Salmon memiliki Karakter Yang Unik Dengan Menghabiskan Hidupnya Untuk Meremigrasi

@ringo

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
var proto = document.location.protocol, host = "whatshelp.io", url = proto + "//static." + host; var s = document.createElement('script'); s.type = 'text/javascript'; s.async = true; s.src = url + '/widget-send-button/js/init.js'; s.onload = function () { WhWidgetSendButton.init(host, proto, options); }; var x = document.getElementsByTagName('script')[0]; x.parentNode.insertBefore(s, x); })();
error: Content is protected !!