Ada Apa dengan Kafein Pada Kopi Yang Kita Minum ?

Ada Apa dengan Kafein Pada Kopi Yang Kita Minum ?

Ada Apa dengan Kafein Pada Kopi Yang Kita Minum ?

Ada Apa dengan Kafein Pada Kopi Yang Kita Minum ?, Kata kafein sudah begitu akrab di telingan kita. Sampai-sampai, adaprodusen minuman tertentu yang terus terang bilang, produknya mengandung kafein yang dapat meningkatkan vitalitas peminumnya.

Kafein sudah cukup luas digunakan dalam dunia obat-obatan.Konon ,kafein dapatmelenyapkan rasa nyeri,memicu kewaspadaan dan mengatasi keracunan. Tetapi,perlu juga diingat dampak buruknya jikadigunakan dalam jangka yang panjang.Sifat kafein yang paling dikenal adalah zat alkaloid yang dapat merangsang susunan saraf pusat.

Dalam kadar ringan,kafein memang bisa memberi efek terapi, tetapi jika dikomsumsi dalam jangka waktu lama bisa berakibat buruk bagi kesehatan. mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein sampai 80 mg dalam jangka waktu tertentu dapat menimbulkan penyakit jantung, darah tinggi, ginjal dan penyakit gula.kafein seperti yang diungap oleh masyarakat kardiologi eropa dalam jurnalnya, memiliki efek merusak pembuluh darah.

Bagi pecandu efek ini tidak begitu terlihat. Pada hakekatnya kafein banyak juga digunakan untuk merangsang kerja jantung dan bersifat juga untuk menambah produk urine. Dalam dosis yang rendah, kafein kerap digunakan untuk menambah stamina dan mengusir kelelahan.

Senyawa kafein pada sel darah mirip adenosin yang akhirnya memicu hormon adrenalin. Tanda-tanda terpacunya hormon adrenalin antara lain : detak jantung meningkat dengan cepat, tekanan darah naik, sekresi asam lambung meningkat dan sebagian otot mengencang.

Bagi penderita penyakit jantung, diabetes dan hipertensi disarankan agar hati-hati dalam mengkonsumsi minuman berkafein. Dikalangan masyarakat,kafein dikonsumsi dalam bentuk kopi atau teh. Secangkir kopi mengandung sekitar 100-150 mg kafein. Biasanya orang minum kopi untuk menghilangkan rasa letih dan rasa kantuk karena efeknya merangsang susunan saraf pusat.

Tetapi harap waspada dosis yang berlebihan mengkonsumsi kafein dalam jangka panjang akan menimbulkan efek insomnia (sulit tidur). Anggota badan pun menjadi gemetar,ngigau, telinga berdenging,jantung berdebar dan sering buang air seni.

Di Amerika Serikat ,hampir 70% minuman ringan yang beredar diketahui mengandung kafein. Semula asosiasi produsen minuman ringan menyatakan, pemberian kafein pada produk-produk mereka bertujuan sekedar untuk menambah cita rasa saja. Namun, kemudian muncul dugaan kafein diberikan guna memberikan efek kecanduan pada konsumen.

Dikalangan olahraga, kafein dapat menambah stamina. Pada tahun 1980-an ada penelitian yang menyimpulkan bahwa kafein emang meningkatkan daya tahan. Ada seorang pelari yang meminum dua gelas kopi yang setara dengan 330 mg kafein satu jam sebelum berlaga.Hasilnya pelari itu bisa bertahan selama 15 menit leh lama ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsi kafein.

Jika anda seorang olahragawan, jika akan bertanding jangan coba-coba menambah tenaga dengan kafein. Ada peraturan untuk mendiskualifikasi seorang atlet yang diketahui memiliki unsur kafein sebanyak 12 mikrongram per ml air seninya.

Orang yang sudah lanjut usia sudah dapat merasakan efek stres kafein walau dalam dosis yang lebih kecil. kelebihan kafein dalam tubuh dapat menimbulkan masalah. Kafein maupun asam yang terdapat dalam kopi juga dapat mengiritasi permukaan lambung dan usus.

Tekanan darah lebih banyak dipengaruhi kafein. Kafein dapat menaikan dan menurunkan tekanan darah. Naiknya tekanan darah terjadi karena rangsangan pada otot-otot jantung, sehingga jantung berkontraksi lebih kuat dan akibatnya tekanan darah meningkat. Dilain pihak , kafein jga dapat menimbulkan dilatasi (pelebaran) pembuluh darah, yang membuat tekanan darah menurun. Pada orang yang sering minum kopi, biasanya efek dilatasinya yang lebih dominan sehingga tekanan darahnya turun.

Dengan melihat fakta-fakta diatas, anda boleh berfikir panjang sebelum mengkonsumsi kafein, baik itu kafein yang ada didalam kopi,teh,minuman penyegar atau berenergi, maupun dalam obat-obatan yang sering ditemui sehari-hari. kafein hanya akan membuat anda mengalami ketergantungan, lalu mengandung penyakit untuk mengancam kesehatan anda.

Bukankah kesehatan lebuh berharga dari apa pun ? sehat tanpa hidup, tak ada artinya. Hidup tanpa sehat, lebih lagi tak berguna.

Jadi kalau kita mau Minum kopi apapun silahkan asalkan saja ada batas nya demi menjaga kesehatan jantung kita,semua yang ditawarkan dalam bentuk apapun pasti enak asal dalam takaran yang wajar, selamat menikmati kopi dimana saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
var proto = document.location.protocol, host = "whatshelp.io", url = proto + "//static." + host; var s = document.createElement('script'); s.type = 'text/javascript'; s.async = true; s.src = url + '/widget-send-button/js/init.js'; s.onload = function () { WhWidgetSendButton.init(host, proto, options); }; var x = document.getElementsByTagName('script')[0]; x.parentNode.insertBefore(s, x); })();
error: Content is protected !!